Pedoman Kepengurusan DKM Al-Mutma’innah


PEDOMAN KEPENGURUSAN

DEWAN KEMAKMURAN MASJID AL-MUTMA’INNAH

 

Pengurus DKM AL-Mutma’innah adalah penggerak organisasi dalam beraktifitas guna mencapai visi, misi dan tujuan yang telah ditetapkan. Gerak langkah pengurus yang terencana, teratur dan berkesinambungan serta selalu bersandar kepada Al-Qur’an dan Assunnah dalam setiap tindakannya diharapkan akan menghasilkan kinerja yang sinergi dan berkualitas. Untuk itu perlu disusun suatu pedoman yang memberi petunjuk secara umum dalam kepengurusan DKM AL-Mutma’innah dimana pedoman ini selanjutnya menjadi dasar pegangan Pengurus dalam setiap aktivitas dan kegiatan yang dilakukan.

 

I.      PENGURUS

 

1.1.     Pengertian Pengurus DKM AL-Mutma’innah.

Pengurus DKM AL-Mutma’innah adalah pelaksana kepemimpinan & kepengurusan organisasi yang mengemban amanah dan bertanggungjawab kepada jama’ah. Dan Pengurus DKM AL-Mutma’innah memiliki wewenang dan tanggungjawab.

 

1.2.    Status Pengurus DKM AL-Mutma’innah.

  1. Pengurus DKM AL-Mutma’innah adalahh lembaga kepemimpinan tertinggi dalam organisasi.
  2. Mengemban amanah organisasi dalam masa kepengurusan 2 (dua) tahun terhitung sejak tanggal Ketua DKM AL-Mutma’innah dipilih dan disyahkan dalam Musyawarah Jama’ah.
  3. Bertanggungjawab kepada jama’ah melalui Musyawarah Jama’ah.

 

1.3.   Tugas dan kewajiban Pengurus DKM Al-Mutma‘innah.

  1. Merealisasikan dan menjalankan hasil-hasil Musyawarah Jama’ah.
  2. Melakukan sosialisasi hasil-hasil Musyawarah Jama’ah dan kebijakan organisasi kepada lembaga-lembaga di bawahnya dan jama’ah.
  3. Menyelengarakan Musyawarah Kerja Tahunan yang dihadiri seluruh Pengurus DKM Al-Mutma‘innah dan Dewan Pembina/Penasehat Al-Mutma‘innah, untuk menjabarkan Program Kerja yang telah ditetapkan serta menyusun budget/anggarannya
  4. Mengamankan lingkungan dan menjaga kekayaan/asset yang dimiliki masjid dan organisasi.
  5. Memberikan laporan kepada jama’ah masjid baik secara periodik maupun insidentil.
  6. Menjaga hubungan tali silaturahmi dan ukhuwah dengan jama’ah,  tokoh masyarakat, ulama, dan umaro guna mendukung kelangsungan dan kelancaran kegiatan masjid.
  7. Menyelenggarakan musyawarah kepengurusan sesuai dengan kebutuhan organisasi.
  8. Menyelenggarakan dan menyiapkan seluruh materi Musyawarah Jama’ah di akhir masa kepengurusannya.
  9. Menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban Pengurus DKM Al-Mutma‘innah kepada jama’ah dalam forum Musyawarah Jama’ah.

 

1.4.    Struktur Pengurus DKM Al-Mutma‘innah .

  1. Struktur organisasi DKM Al-Mutma‘innah berbentuk Staff.
  2. Kepemimpinan tertinggi berada di tangan Ketua DKM yang dibantu oleh Wakil Ketua, Sekretaris dan Bendahara, yang didelegasikan kepada masing-masing Bidang /Seksi.
  3. Berdasarkan pembidangan kerjanya terdiri dari 11 (sebelas) bidang/seksi, yaitu:

1.       Bidang Dakwah dan Pendidikan

2.       Bidang Kajian Strategis

3.       Bidang Sosial

4.       Bidang Informasi dan Perpustakaan

5.       Bidang Pembangunan dan Perlengkapan

6.       Bidang Majelis Ta’lim Ibu-ibu

7.       Bidang Dokumentasi

8.       Bidang Hubungan Masyarakat

9.       Bidang Kebersihan dan Pertamanan

10.     Bidang ZIS

11.    Bidang Remaja Masjid

 

1.5.   Penjabaran Tugas Pokok (Job Description.)

Guna memperjelas mekanisme kerja masing-masing jabatan Pengurus DKM Al-Mutma’innah  dirumuskan penjabaran tugas pokok (Job Description) sebagai berikut:

 

1.     Ketua DKM

Pengemban   amanah   organisasi  yang  dipilih   pada   waktu Musyawarah Jama’ah. Bertanggung jawab atas  terlaksananya seluruh amanah yang ditetapkan dalam Musyawarah Jama’ah. Melaksanakan  kegiatan organisasi antara lain:

  1. Memimpin dan mengendalikan kegiatan rutin organisasi secara umum.
  2. Memimpin Rapat Umum pengurus.
  3. Memimpin dan mewakili DKM Al-Mutma’innah  dalam kegiatan ekstern.
  4. Mengkoordinir, memotivasi, mengevaluasi, mengarahkan dan membimbing seluruh  kegiatan bidang/seksi dalam  melaksanakan amanah organisasi.
  5. Pengambil keputusan atas semua permasalahan yang terjadi pada saat pelaksanaan tugas yang dijalankan Pengurus.
  6. Menyelengarakan dan memimpin Musyawarah Kerja untuk membahas dan menjabarkan program kerja sesuai dengan kebutuhan.
  7. Mempertanggungjawabkan kepengurusan organisasi dalam Musyawarah Jama’ah.

 

2.     Wakil Ketua DKM

Membantu Ketua DKM dalam pelaksanaan seluruh amanah yang ditetapkan dalam Musyawarah Jama’ah. Melaksanakan kegiatan organisasi antara lain:

  1. Mewakili Ketua DKM apabila yang bersangkutan berhalangan hadir atau tidak ada di tempat.
  2. Membantu Ketua DKM dalam menjalankan tugas sehari-hari.
  3. Mengkoordinir, memotivasi, mengevaluasi, mengarahkan dan membimbing seluruh  kegiatan bidang/seksi dalam  melaksanakan amanah organisasi.
  4. Memberikan laporkan kepada Ketua DKM untuk aktivitas atau kegiatan yang telah dilakukan.

 

3.       Bendahara

Membantu Ketua DKM, yang bertanggung  jawab  dalam pelaksanaaan  program pengelolaan keuangan organisasi. Melaksanakan kegiatan organisasi antara lain :

  1. Menyimpan, mengelola dan membukukan keuangan Organisasi.
  2. Merencanakan dan mengusahakan pemasukan sumber-sumber dana ke kas DKM.
  3. Mengendalikan dan menertibkan pelaksanaan anggaran belanja masjid sesuai dengan ketentuan.
  4. Mengeluarkan uang sesuai keperluan dan kebutuhan berdasarkan persetujuan Ketua DKM.
  5. Menyimpan bukti penerimaan dan pengeluaran keuangan.
  6. Membuat laporan keuangan secara rutin maupun insidentil.
  7. Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas kepada Ketua DKM.

 

4.      Sekretaris

Membantu Ketua DKM, yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan program  kesekretariatan dan  pengelolaan administrasi organisasi. Melaksanakan kegiatan organisasi antara lain:

  1. Mengatur  dan mengelola tugas kesekretariatan organisasi  secara umum.
  2. Membuat  surat resmi yang dikeluarkan DKM Ar-Rohmah.
  3. Bersama Ketua menandatangani setiap surat resmi yang dikeluarkan DKM.
  4. Menerima, mencatat, dan mengarsipkan surat masuk dari berbagai pihak.
  5. Memberikan pelayanan administratrif untuk seluruh Bidang/Seksi.
  6. Memberikan  laporan  bidang kesekretariatan  kepada  Ketua DKM.
  7. Menjadi sekretaris/notulis dalam setiap musyawarah yang dipimpin oleh Ketua DKM/Wakil Ketua DKM.
  8. Mewakili Ketua dan Wakil Ketua apabila yang bersangkutan berhalangan hadir atau tidak ada di tempat.
  9. Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas kepada Ketua DKM.

 

5.     Bidang Dakwah dan Pendidikan

Membantu Ketua DKM, yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan program  dakwah dan pembinaan jama’ah.  Melaksanakan kegiatan organisasi antara lain:

  1. Menyelenggarakan   kegiatan-kegiatan   yang dapat    meningkatkan keimanan, keilmuan dan ketaqwaan Jama’ah.
  2. Mengatur penyelenggaraan ibadah Shalat Jum’at, termasuk membuat jadwal imam & khotib.
  3. Mengatur pelaksanaan kegiatan pengajian yang diselenggarakan di Masjid Jami’ Ar-Rohmah.
  4. Mengatur pelaksanaan ibadah sholat harian termasuk membuat jadwal imam rawatib.
  5. Memotivasi jamaah dalam memakmurkan masjid dengan menyelenggarakan kegiatan ibadah khususnya sholat dan kegiatan lainnya.
  6. Merencanakan, mengatur dan menyelenggarakan kegiatan yang mengambil momentum hari-hari besar Islam.
  7. Menrencanakan, mengatur dan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang bersifat meningkatkan keilmuan dan keterampilan jama’ah, baik anak-anak, remaja maupun orang tua.
  8. Membina Majelis Ta’lim.
  9. Membina dan mengelola Taman Pendidikan Al Qur‘an (TPA).
  10. Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas kepada Ketua DKM.

 

 

6.     Bidang Kajian Strategis.

 

 

 

 

 

7.     Bidang Sosial

Membantu Ketua DKM, yang bertanggung  jawab Pelaksanaan  Program  Kerja  sosial dan kesejahteraan ummat. Melaksanakan kegiatan organisasi antara lain:

  1. Merencanakan, mengatur dan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial atau kemasyarakatan.
  2. Membantu  jama’ah dalam mengurusi atau menanggulangi musibah dan kematian.
  3. Mengelola Babul Kairat.
  4. Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas kepada Ketua DKM.

 

8.   Bidang Informasi dan Perpustakaan

bertanggung jawab:

  1. Memberikan Informasi tentang apa saja yang bekaitan dengan Masjid dan kegiatan DKM baik dar luar maupun dari dalam.
  2. Mengatur dan mengelola perpustakaan Masjid.
  3. Inventarisasi aset-aset perpustakaan.
  4. Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas kepada Ketua DKM.

 

9.     Bidang Pembangunan  dan Perlengkapan.

Membantu Ketua DKM, yang bertanggung  jawab  dalam pelaksanaan  Program Kerja Pemeliharaan dan Pengembangan Masjid. Melaksanakan kegiatan organisasi antara lain :

  1. Merencanakan, mengatur dan menyelenggarakan pembangunan, renovasi serta pengembangan bangunan masjid dan sarana lainnya.
  2. Mengatur dan mengelola kebersihan, keindahan, dan kenyamanan masjid.
  3. Melakukan pengelolaan pemeliharaan Masjid dan sarananya.
  4. Merencanakan, mengatur, dan menyelenggarakan pengadan peralatan dan perlengkapan masjid.
  5. Melakukan inventarisasi dan penambahan inventaris masjid.
  6. Menyiapkan pengadaan peralatan dan perlengkapan untuk menunjang kelancaran suatu kegiatan
  7. Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas kepada Ketua DKM.

 

10.     Bidang Majelis Ta’lim Ibu-ibu

Membantu Ketua DKM, yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan program  dakwah dan pembinaan khusus ibu-ibu (perempuan).  Melaksanakan kegiatan organisasi antara lain:

  1. Ikut melaksanakan program bidang dakwah.
  2. Mengatur pelaksanaan pengajian ibu-ibu (perempuan)
  3. Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas kepada Ketua DKM.

 

11.   Bidang Dokumentasi

Bertanggung jawab:

  1. Meliput dan mendokumentasikan kegiatan-kegiatan DKM.
  2. Pemanfaatan mading sebagai sarana pemberitahuan dalam dokumentasi.
  3. Melaporkan dan mepertnaggungjawabkan pelaksanaan tugas kepada Ketua DKM

 

12.     Bidang HUMAS
Menyusun rencana kerja dan kegiatan di bidang hubungan masyarakat untuk terselenggaranya kegiatan antara lain :
  1. Publikasi kegiatan di masjid Al-Mutma’innah
  2. Pemanfaatan teknologi informasi untuk sosialisasi kegiatan masjid dan sarana penyampaian saran dan usul dari para jamaah.
  3. Pemanfaatan mading dan bulletin.

 

13.    Bidang Kebersihan dan Pertamanan

Membantu Ketua DKM, yang bertanggung  jawab dalam Program  kebersihan , pertamanan serta penghijauan di lingkungan Masjid Al-Mutma’innah.

 

14.    Bidang ZIS (Zakat, Infaq, Sedekah)

Membantu Ketua DKM, yang bertanggung  jawab dalam Program pemberdayaan Zakat, infaq dan Shodaqah jama’ah.  Melaksanakan kegiatan organisasi antara lain:

  1. Merencanakan, mengatur, memotivasi dan menjalankan program pemberdayaan dana ummat melalui zakat, infaq & shodaqoh.
  2. Membantu jama’ah dalam proses penghitungan jumlah dan penyaluran zakat, infaq dan shodaqoh yang akan dikeluarkan.
  3. Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas kepada Ketua DKM.

 

15.     Bidang Pembinaan Remaja Masjid

Membantu Ketua DKM, yang bertanggung  jawab dalam Program  Kerja Pembinaan Remaja Masjid. Melaksanakan kegiatan organisasi antara lain:

  1. Merencanakan, mengatur, membina dan menyelenggarakan organisasi Remaja Masjid.
  2. Menyelenggarakan    kegiatan   peningkatan    keimanan,   keilmuan,   keterampilan dan kemasjidan bagi anggota dan Pengurus Remaja  Masjid.
  3. Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas kepada Ketua DKM.

 

 

II.               PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Proses pengambilan keputusan DKM AL-Mutma’innah dilakukan dengan cara musyawarah yang terdiri dari:

 

2.1.      Musyawarah Pleno.

  1. Dihadiri oleh seluruh Pengurus DKM Al-Mutma’innah, Dewan Pembina, Dewan Penasehat, dan Lembaga-lembaga yang berada dibawah DKM Al-Mutma’innah.
  2. Dilaksanakan setiap 1 (satu) tahun sekali.
  3. Diselenggarakan dan dipimpin oleh Pengurus DKM Al-Mutma’innah.
  4. Ketua & Wakil Ketua DKM dibantu oleh Sekretaris memimpin jalannya rapat.
  5. Membahas Laporan Tahunan Pengurus DKM Al-Mutma’innah dan evaluasinya.
  6. Memberi masukan/rekomendasi yang tidak mengikat kepada Pengurus DKM Al-Mutma’innah dalam menjabarkan Program Kerja untuk tahun berikutnya.

 

2.2.           Musyawarah Kerja.

  1. Dihadiri oleh seluruh Pengurus DKM Al-Mutma’innah, Dewan Penasehat, dan Lembaga-lembaga yang berada dibawah DKM Al-Mutma’innah.
  2. Dilaksanakan setiap 1 (satu) tahun sekali.
  3. Diselenggarakan dan dipimpin oleh Pengurus DKM Al-Mutma’innah .
  4. Ketua & Wakil Ketua DKM dibantu oleh Sekretaris memimpin jalannya rapat.
  5. Dilakukan satu tahun sekali untuk menjabarkan Program Kerja Musyawarah Jama’ah.
  6. Merencanakan agenda kegiatan seluruh bidang selama satu tahun ke depan.
  7. Menyusun anggaran baik pembiayaan maupun penerimaan secara terintegrasi.

 

2.3.          Musyawarah Kepanitiaan.

  1. Dihadiri Pengurus DKM Al-Mutma’innah  dan undangan khusus.
  2. Ketua Bidang menjadi pimpinan rapat
  3. Dilakukan sesuai dengan kebutuhan untuk:

1.        Menyusun rencana kepanitiaan suatu kegiatan.

2.        Mempersiapkan pelaksanaan suatu kegiatan secara teknis.

3.        Melakukan koordinasi dan evaluasi kegiatan panitia

4.        Mempersiapkan Laporan Pertanggungjawaban Panitia.

 

2.4.           Musyawarah Harian.

  1. Dihadiri oleh seluruh Pengurus DKM Al-Mutma’innah, Dewan Penasehat, dan Lembaga-lembaga yang berada dibawah DKM Al-Mutma’innah .
  2. Dilaksakan setiap saat oleh Pengurus Harian apabila dianggap perlu.

 

 

 

III.               KOORDINASI KERJA

 

3.1.         Motivasi dan Sosialisasi.

  1. Motivasi kepengurusan disampaikan pada forum-forum musyawarah dan dalam acara pelaksanaan kegiatan.
  2. Sosialisai kebijakan dan kegiatan dilakukan melalui forum-forum musyawarah, Lembar Informasi, Papan Informasi dan dalam acara pelaksanaan kegiatan.

 

3.2.         Pendelegasian.

Pendelegasian kepengurusan dilakukan dengan menerbitkan Surat Pelimpahan Tugas.

 

3.3.         Reshuffle.

  1. Reshuffle atau pergantian personalia Pengurus DKM Al-Mutma’innah dilakukan dalam Musyawarah Harian.
  2. Reshuffle atau pergantian personalia Pengurus DKM Al-Mutma’innah di tetapkan dalam suatu surat keputusan yang ditandatangani Ketua DKM dan Sekretaris DKM.
  3. Reshuffle atau pergantian personalia Pengurus DKM Al-Mutma’innah diumumkan kepada seluruh jama’ah melalui Lembar Informasi dan Papan Informasi.

 

3.4.         Pelaporan.

Setiap amanah yang diemban oleh pengurus, kepanitiaan atau unit-unit lain di lingkungan DKM Al-Mutma’innah harus dipertanggungjawabkan dengan menerbitkan laporan.

 

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di AD / ART. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s